Soal Latihan Agama Islam Materi Berpikir Kritis Kelas XII SMA/SMK K 13
Contoh Soal Ulangan PAI Materi Berpikir Kritis Kelas 12 SMA/SMK K13
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Terjemahan yang tepat dari QS. Ali ‘Imran: 190 di bawah ini adalah.....
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
a. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
b. Sesungguhnya dalam penciptaan surga dan neraka , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
c. Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan bulan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
d. Sesungguhnya dalam penciptaan manusia dan hewan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
e. Sesungguhnya dalam penciptaan planet-planet,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
2. Tujuan penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam menurut QS. Ali ‘Imran: 190. Adalah....
a. Membuktikan bahwa Allah Swt itu Maha Adil dan perkasa
b. Membuktikan tentang tauhid,keesaan dan kekuasaan Allah SWT
c. Membuktikan tentang kekutan Allah dan manusia
d. Mencontohkan orang orang yang soleh
e. Memberikan inspirasi untuk masuk agama islam ٰ
3. “Mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat ayat Allah)” Potongan ayat yang tepat untuk terjemahan ini adalah....
a. إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
b. وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا
c. لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا
d. وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا
e. أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
4. Pada lafal terdapat hukum bacaan Mad . . . .
a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib Muttasil
d. Jaiz Munfasil
e. ‘Arid Lissukun
5. Perhatikan potongan ayat berikut Potongan ayat di atas artinya . . . .
a. penciptaan langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan pergantian siang dan malam
d. orang-orang yang mengingat Allah Swt.
e. dalam keadaan berdiri dan duduk
6. لِأُولِي الْأَلْبَابِ yang dimaksudkan dengan kata “ulul albab” dalam surah. Ali ‘Imran: 190 adalah......
a. Orang-orang yang suka bersabar
b. Orang-orang yang berakal
c. Orang-orang yang taat beribadah
d. Orang-orang yang yang beriman dan bertaqwa
e. Orang-orang yang suka bersedekah
7. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Qur'an adalah . . . .
a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha
8. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil albab yang tercantum dalam Q.S. Ali 'Imran/3:191 yaitu ialah . . . .
a. Merenungkan ciptaan Allah Swt.
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring
9. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Dapat mengoptimalkan pemanfaatan alam untuk kepentingan umat manusia;
2. Dapat mengambil inspirasi dari semua ciptaan Allah Swt. dalam mengembangkan IPTEK;
3. Menemukan jawaban dari misteri penciptaan alam (melalui penelitian);
4. Mengantisipasi terjadinya bahaya, dengan memahami gejala dan fenomena alam;
Pernyataan di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
10. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah akal sehat;
2. Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur'an secara lebih mendalam bersama para pakar di bidang masing-masing;
3. Menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai inpirasi dalam melakukan penelitianpenelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;
4. Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan IPTEK;
5. Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;
Pernyataan di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!
1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang menjelaskan tentang fenomena alam!
2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!
3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!
4. Jelaskan karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw.!
5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas!
Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!
1. Terjemahan yang tepat dari QS. Ali ‘Imran: 190 di bawah ini adalah.....
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
a. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
b. Sesungguhnya dalam penciptaan surga dan neraka , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
c. Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan bulan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
d. Sesungguhnya dalam penciptaan manusia dan hewan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
e. Sesungguhnya dalam penciptaan planet-planet,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal
2. Tujuan penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam menurut QS. Ali ‘Imran: 190. Adalah....
a. Membuktikan bahwa Allah Swt itu Maha Adil dan perkasa
b. Membuktikan tentang tauhid,keesaan dan kekuasaan Allah SWT
c. Membuktikan tentang kekutan Allah dan manusia
d. Mencontohkan orang orang yang soleh
e. Memberikan inspirasi untuk masuk agama islam ٰ
3. “Mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat ayat Allah)” Potongan ayat yang tepat untuk terjemahan ini adalah....
a. إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
b. وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا
c. لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا
d. وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا
e. أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ
4. Pada lafal terdapat hukum bacaan Mad . . . .
a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib Muttasil
d. Jaiz Munfasil
e. ‘Arid Lissukun
5. Perhatikan potongan ayat berikut Potongan ayat di atas artinya . . . .
a. penciptaan langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan pergantian siang dan malam
d. orang-orang yang mengingat Allah Swt.
e. dalam keadaan berdiri dan duduk
6. لِأُولِي الْأَلْبَابِ yang dimaksudkan dengan kata “ulul albab” dalam surah. Ali ‘Imran: 190 adalah......
a. Orang-orang yang suka bersabar
b. Orang-orang yang berakal
c. Orang-orang yang taat beribadah
d. Orang-orang yang yang beriman dan bertaqwa
e. Orang-orang yang suka bersedekah
7. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Qur'an adalah . . . .
a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha
8. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil albab yang tercantum dalam Q.S. Ali 'Imran/3:191 yaitu ialah . . . .
a. Merenungkan ciptaan Allah Swt.
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring
9. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Dapat mengoptimalkan pemanfaatan alam untuk kepentingan umat manusia;
2. Dapat mengambil inspirasi dari semua ciptaan Allah Swt. dalam mengembangkan IPTEK;
3. Menemukan jawaban dari misteri penciptaan alam (melalui penelitian);
4. Mengantisipasi terjadinya bahaya, dengan memahami gejala dan fenomena alam;
Pernyataan di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
10. Perhatikan pernyataan di bawah ini,
1. Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah akal sehat;
2. Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur'an secara lebih mendalam bersama para pakar di bidang masing-masing;
3. Menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai inpirasi dalam melakukan penelitianpenelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;
4. Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan IPTEK;
5. Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;
Pernyataan di atas termasuk....
a. perilaku mulia berpikir kritis.
b. tujuan berpikir kritis
c. manfaat berpikir kritis
d. hakekat berpikir kritis
e. manfaat dan hakekat berpikir kritis
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!
1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang menjelaskan tentang fenomena alam!
2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!
3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!
4. Jelaskan karakteristik orang yang cerdas dalam pandangan Rasulullah saw.!
5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan pola pikir kritis dan cerdas!
Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Alamat link terkait :Soal Latihan Agama Islam Materi Berpikir Kritis Kelas XII SMA/SMK K 13
0 Response to "Soal Latihan Agama Islam Materi Berpikir Kritis Kelas XII SMA/SMK K 13"
Posting Komentar